Masker fullprint yang kamu punya sekarang ini sudah tak bisa hanya kamu pakai satu lapis saja namun harus kamu dobel pemakaiannya. Hal tersebut karena satu lapis masker tidak efektif dalam melakukan penyaringan partikel udara yang ada di sekitar. Alhasil kemungkinan besar untuk kamu tertular berbagai virus yang tersebar di sekitarmu semakin kuat.

Pada beberapa penelitian yang dilaksanakan oleh ahli kesehatan dunia menunjukkan bahwa partikel udara tidak bisa sampai ke penciuman kita apabila kita menggunakan masker N95, masker fullprint berlapis dua maupun tigas dan juga penggunaan masker bedah. Karena jika kamu hanya menggunakan satu lapis masker dan jenisnya seperti scuba, bandana dan juga masker buff makan aka nada partikel yang bisa menyembur keluar oleh penderita Covid dan menembus ke sistem pernapasan orang lain.

Nah oleh karena itu para ahli kesehatan dunia menganjurkan kamu untuk menggunakan masker berlapis dua atau tiga yang pas dengan struktur wajahmu. Agar kamu semakin paham maka berikut ini kami sajikan beberapa pilihan masker berserta kelebihannya.

Beberapa Masker Di Masa Pandemi dan Kelebihannya

Dalam menggunakan atau memilih masker yang harus kamu pastikan adalah efektif atau tidaknya dalam penyaringan udara. Masker fullprint yang tipis tentunya kurang efektif dalam menghambat penularan yaa, oleh karena itu kami akan mengulas masker yang efektif beserta kelebihan yang ditawarkan masker tersebut.

  • N95

Jenis masker ini merupakan sebuah pelindung yang mampu melakukan penyaringan partikel dan didesain sesuai dengan standard N95. Jika kamu biasanya menggunakan masker fullprint ketika pergi keluar, maka masker N95 ini akan lebih bermanfaat apabila kamu memakainya di rumah sakit yang penuh pasien Covid.

Kemampuan dari masker ini adalah bisa melakukan filtrasi udara hingga kurang lebih 95% partikel terkecil. Nah di antaranya partikel yang tersaring ada bakteri, virus, berbagai jamur yang terbang, alergi, debu dan sebagainya. Namun perlu kamu tau pada pemakaian sehari-hari di lingkungan masyarakat masker jenis ini (N95) kurang bisa memberikan kenyamanan, oleh karena itu masker ini kebanyakan hanya dipakai oleh tenaga medis yaa.

  • Masker Bedah

Selanjutnya ada masker bedah yang memang desainnya kebanyakan berlapis tiga dengan fungsi yang berbeda namun efektif dalam memfiltrasi udara sekitar. Sara untuk memakai masker bedah berlapi-lapis sebenarnya kurang dianjurkan yaa karena bisa berdampak negative dalam ketersediaan masker dan kurang efektif pemakaiannya alhasil kamu malah akan sulit untuk bernapas.

Pada masker bedah yang kamu gunakan terdapat lapisan terluar yang bisa kedap terhadap percikan air, sehingga percikan tersebut tidak akan langsung mencapai hidung atau mulut. Kemudian pada bagian tengah aka nada filter tahap dua dimana untuk menyaring segala partikel halus yang lolos pada saringan pertama. Selanjutnya untuk lapisan paling dekat dengan mulut didesain dengan kain yang bisa melakukan penyerapan pada berbagai cairan yang keluar dari mulut maupun hidung (saat batuk, bicara maupun bersin).

  • Masker Fullprint/Kain

Masker fullprint mempunyai bermacam-macam bentuk dan juga motif yaa serta desainnya juga beragam. Nah secara kemampuan masker fullprint dari kain jika kamu gunakan berlapis akan efektif loh menyaring udara di sekitar hingga partikel terkecil.

Bagi kamu yang masih dikaruniai kesehatan bisa memilih masker fullprint untuk pemakaian sehari-hari. Namun melihat kasus sebaran virus yang semakin meningkat ada baiknya kamu menggunakan dua jenis masker ketika akan bepergian. Dimana lapisan ke satu kamu bisa menggunakan masker medis dan selanjutnya baru kamu tutup menggunakan masker kain.

Kemudian jika masker fullprint yang sudah kamu pakai keluar maka harus segera dicuci untuk melepaskan segala partikel atau virus yang menempel di masker tersebut. Oleh karena itu masker fullprint harus tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di rumahmu yaa agar bisa berganti dan langsung dibersihkan. Dan ada baiknya kamu menyediakan masker cadangan setiap kali kamu keluar rumah dalam waktu yang cukup lama untuk menghindari berbagai kemungkinan penularan.

Nah itulah tadi beberapa jenis masker yang bisa kamu pakai selama pandemi berlangsung untuk menjaga kesehatan kita. Sebenarnya masih banyak lagi masker yang bisa kamu pakai yaa, seperti masker dengan ventilasi dan masker bedah lainnya. Dan ada baiknya untuk sekarang ini ikuti aturan yang mengharuskan kamu untuk memakai dobel masker apabila hendak ke luar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *