pendidikan

4 Cara Cerdas Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Siswa di Kelas

literasi dan numerasi

Setiap guru pasti berharap tiap siswa memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang baik. Untuk mewujudkannya, seorang guru harus menuangkan ide dan kreativitasnya. Kekreativitasan tersebut harus mampu menghubungkan ilmu literasi numerasi dengan ilmu lain. Maka, Anda sebagai guru harus bijak memilih dan menjalankan tips untuk meningkatkan kompetensi tersebut. Sebagai bahan acuan, berikut adalah contoh tips yang bisa Anda terapkan di kelas:

Tips Cerdas Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi

Menganalisis bacaan atau informasi

Cara mengembangkan kecakapan literasi numerasi yang paling efektif adalah dengan menganalisis segala bacaan ataupun informasi khususnya dalam kelas. Bacaan tersebut tidak hanya berupa teks biasa melainkan terdapat juga bentuk lain seperti bagan, grafik, tabel, dan lain-lain. Kemudian, siswa menginterpretasikan hasil analisis tersebut guna memprediksi, memutuskan, hingga memecahkan berbagai bentuk masalah.

Anda bisa mengajak siswa melakukan langkah seperti ini di mata pelajaran lain selain matematika atau pelajaran bahasa saja. So, cobalah untuk menjadi guru yang kreatif sehingga tiap mata pelajaran akan melalu fase analisis, khususnya pelajaran yang masih membutuhkan ilmu MTK dasar.

Menghubungkannya dengan real life

Untuk mempermudah anak-anak memahami konsep dan pengetahuan literasi numerasi, Anda bisa menghubungkan ilmu tersebut dengan kehidupan sesungguhnya. Pastikan keterkaitan tersebut terjadi secara umum di sekeliling lingkungan.

Dengan demikian, siswa akan paham bagaimana cara menerapkan konsep tersebut dengan tepat. Selain itu, Mereka juga akan menyadari bahwa literasi dan numerasi sangat berguna dalam kehidupannya. Semakin siswa memahami banyak pengetahuan, maka Mereka akan semakin mudah dalam menemukan akar dan pemecahan permasalahan.

Anda pun bisa menyampaikan berbagai informasi yang masih menyangkut pautkan dengan kompetensi AKM tersebut. Contoh, siswa akan melakukan perhitungan saat berbelanja, siswa akan membuat proposal dan rincian budget saat hendak membuat program sekolah, dan masih banyak lagi.

Latihan

Anda perlu meningkatkan kemampuan siswa setiap hari agar Mereka bisa mengerjakan soal dengan tepat. Bagaimana caranya? Cara terbaiknya adalah latihan. Anda juga harus menyertakan pembahasannya. Dalam hal ini, Anda bisa membahas bersama siswa agar Mereka lebih paham seperti apa konsep sesungguhnya. Sehingga, peserta didik akan dapat menjawab soal tersebut dengan benar.

Lalu, bagaimana bentuk soal literasi dan numerasi? Untuk konten dari kompetensi literasi, umumnya, soal yang tersedia berhubungan dengan kontak personal, saintifik, dan sosial budaya. Sedangkan dalam kompetensi numerasi, kumpulan soalnya akan memuat materi bilangan, pengukuran, geometri, data & ketidakpastian, serta aljabar. Soal seperti ini akan melibatkan beberapa proses, yakni memahami tiap konsep soal, bernalar, menganalisis, menyelesaikan tiap soal, serta menerapkannya.

Tidak menekan siswa dalam hafalan melainkan pemahaman

Hafalan memang perlu dalam pembelajaran, tapi pemahaman jauh lebih menguntungkan. Jika hanya sekedar menghafal, siswa akan sulit menerapkannya. Namun, jika siswa memahaminya dengan baik, Mereka akan mampu menghafal serta menerapkannya dengan mudah. Maka, Anda bisa memfokuskan anak untuk memahami konsep terlebih dahulu sebelum menghafalkannya.

Adakah cara kilat untuk membantu siswa dalam hal ini? Tentu ada dan sangat banyak caranya. Salah satunya yakni menggunakan strategi problem solving yang sering muncul dalam materi numerasi khususnya Matematika. Sehingga, peserta didik akan mampu menemukan sekaligus menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

Cara ini tentu berbeda dengan konsep menghafal. Siswa hanya akan condong ke semua teori tanpa mengetahui cara menggunakan dan mempraktikkannya. Mereka juga akan merasa kesulitan saat berhadapan dengan soal tertentu. Saat mendapati 1 soal dan Mereka melupakan rumusnya, maka Mereka tidak bisa berpikir cepat dan menjawabnya pun tidak tepat. Maka dapat disimpulkan bahwa memahami konsep itu jauh lebih baik daripada sekedar menghafal.

Well, cobalah untuk menerapkan dengan baik semua cara di atas. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan ide Anda sendiri. Yang pasti, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi dalam pendidikan anak. Good luck!

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *