Penyebab kaki pegal cukup banyak dan beragam, ada yang akibat kerja keras ada juga yang akibat kebiasaan sehari-hari kita yang kurang sehat dan sangat menyiksa kaki. Maka dari itu perlu diperhatikan dan dihindari hal-hal tersebut, mari kita simak sama-sama apa saja penyebabnya.

6 Penyebab Kaki Pegal dan Sakit

1. Berdiri terlalu lama

Jika pekerjaan menuntut anda untuk berdiri dalam jangka waktu yang relative lama, ini bisa menjadi penyebab kaki pegal. Namun ada beberapa orang yang berdiri sebentar saja sudah merasa pegal kakinya, ini biasanya dialami oleh mereka yang memiliki kaki datar, selain itu pegal pada kaki juga bisa kita alami setelah kita malakukan olahraga.

2. Sepatu hak tinggi dan kepala sempit

Jika kita melihat banyak sekali wanita yang menggunakan sepatu dengan hak tinggi dan kepala sempit, semakin ke ujung sepatu semaikin sempit. Sepatu yang seperti ini bisa menjadi penyebab kaki pegal, lebih parahnya lagi ini bisa memicu tumbuhnya tumor syaraf jinak atau Morton’s Neuroma.

3. Nyeri telapak kaki

Nyeri pada telapak kaki sering dialami oleh seseorang. Jika nyeri tersebut berasal dari tumit, ini kemungkinan disebabkan oleh plantar fasciitis atau jaringan bawah kaki yang mengalami peradangan, inilah yang biasa menjadi penyebab kaki pegal. Data membuktikan bahwa sekitar 90% kasus yang telah terjadi bisa sembuh dengan sendirinya selama 2 bulan istirahat, kompres dengan es dan peregangan. Namun ada juga yang harus disembuhkan dengan bantuan obat seperti obat pereda nyeri non steroid atau suntikan kortison. Kortison biasanya diberikan pada penderita dengan penyakit kaki kronis atau kaki yang robek.

4. Sepatu dengan ujung sempit

Kebanyakan wanita suka sekali mengenakan sepatu dengan ujung yang semakin sempit, sekitar 88% wanita mengenakan model sepatu seperti ini, padahal inilah yang menjadi penyebab kaki pegal atau deformitas. Berdasarkan penelitian juga ditemukan ada sekitar 9 dari 10 penderita deformitas dialami oleh wanita. Penyebab lain yang memicu deformitas adalah karena genetik, arthritis dan kaki datar. Maka dari itu perlu diperhatikan dalam memilih model sepatu.

5. Sepatu dengan hak yang terlalu tinggi

Pernahkah anda mengukur, berapa tinggi hak sepatu anda? sebagian besar wanita tidak percaya diri jika tinggi badannya kurang maka dari itu mereka mengenakan sepatu hak tinggi. High heels atau sepatu dengan tinggi 5 cm merupakan penyebab kaki pegal yang banyak terjadi. karena jika wanita berdiri dengan high heels selama 40 jam seminggu, ini bisa menyebabkan otot betis pendek sehingga bisa memperpendek langkah jika ini dibiarkan selama 2 tahun maka ini bisa menjadi permanen dan mereka lebih rentan terhadap cidera.

6. Kurang menjaga kebersihan kaki

Kaki yang kurang terjaga kebersihannya bisa menyebabkan kuku hitam sehingga sangat mempengaruhi dalam penampilan seseorang terutama wanita. Kuku yang menghitam bisa disebabkan oleh menapak benda yang keras secara langsung dengan mengenai kuku dan mengenakan sepatu yang ujungnya semakin ini, ini bisa menyebabkan trauma pada kuku dan disertai dengan pendarahan, inilah yang menjadi penyebab kaki pegal. Temukan banyak tips kesehatan di hermihidayati.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *